full screen background image

KEMBANGKAN AGROINDUSTRI PEDESAAN DISBUN BALI LAKSANAKAN TEMU USAHA KEMITRAAN

Berita 06 Juni 2016 admin_disbun

Program pengembangan agribisnis dalam pembangunan perkebunan rakyat daerah Bali terutama untuk komoditi unggulan seperti kopi arabika, kopi robusta, kakao dan jambu mete dilaksanakan untuk mendorong pertumbuhan dan pemberdayaan ekonomi kerakyatan di pedesaan.

Pengembangan usaha agribisnis tersebut dilaksanakan melalui pola kemitraan antara kelompok tani/subak abian/unit pengolah hasil (UPH) dengan buyers. Kerjasama kemitraan tersebut untuk mendorong tumbuh dan berkembangnya UPH-UPH pada sentra-sentra produksi sebagai usaha agroindustri pedesaan, memperpendek rantai pemasaran serta meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk perkebunan. Sampai tahun 2016 sudah terbentuk 144 unit UPH komoditi unggulan yaitu komoditi kopi robusta 19 unit, kopi arabika 57 unit, kakao 56 unit dan jambu mete 12 unit.

 Dalam memantapkan dan meningkatkan serta menjalin hubungan saling percaya dan saling menguntungkan dalam usaha kemitraan tersebut,  Dinas Perkebunan Provinsi Bali tahun 2016 melalui bantuan dana APBN memfasilitasi kegiatan Temu Usaha Kemitraan dan Kewirausahaan untuk komoditi kopi arabika, robusta, kakao dan jambu mete, di Ruang Pertemuan Kantor Dinas Perkebunan Provinsi Bali, Jl. D.I. Panjaitan No. 7 Denpasar. diikuti oleh 100 orang peserta  dari anggota subak abian/UPH dan petugas teknis/pendamping UPH.Tanggal pelaksanaan untuk masing-masing komoditi yaitu : komoditi kakao pada tanggal 19 April 2016, dengan menghadirkan narasumber dari Direktur PT. Bumi Tangerang Mesindotama, Tangerang,Manajer Marketing PT POD Bali,Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Bali,Kepala Bidang PPHP Dinas Perkebunan provinsi Bali,Kasi Pemasaran dan Sarana Usaha  Dinas Perkebunan Provinsi Bali,

komoditi kopi arabika dan robusta tanggal 3 Mei  2016 dan sebagai nara sumber Direktur PT. Indocafco, Medan,Manajer Marketing PT Taman Delta Indonesia, Semarang,Kepala Bidang PPHP Dinas Perkebunan provinsi Bali, Kasi Pemasaran dan Sarana Usaha  Dinas Perkebunan Provinsi Bali, komoditi jambu mete 5 April  2016 dan sebagai nara sumber Direktur PT. Profil Mitra Abadi, Tangerang,Kepala Dinas Perkebunan provinsi Bali,Kepala Bidang PPHP Dinas Perkebunan provinsi Bali, Kasi Pemasaran dan Sarana Usaha  Dinas Perkebunan Provinsi Bali.

 

Penulis,

I Made Artika/Pranata Humas Disbun Bali

MENU UTAMA

EVENT TERAKHIR

AGENDA

UNIT ESELON

TEKNOLOGI PRAKTIS

REKAP HARGA PASAR

LINK

SITUS PEMERINTAHAN

KOMODITI UNGGULAN

Klik pada gambar untuk melihat detail dari komoditi unggulan Dinas Perkebunan Provinsi Bali.

Lihat Semua